makalah keputusan perencanaan strategi

by - 3:17 AM



MAKALAH
KEPUTUSAN PERENCANAAN STRATEGI  












 









Tugas Kelompok
Nama :
Rosdiana Octaviani     (19214810)
Rahmita Putri           (
Alfanitiah Pratiwi       (10214791)
Luvita Septin            (






DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR............................................................................................i
DAFTAR ISI........................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN.......................................................................................1
A.        Latar Belakang............................................................................1
B.        Rumusan Masalah......................................................................2
C.        Tujuan ........................................................................................2
BAB II PEMBAHASAN........................................................................................3
A.       Formulasi strategi………………………………….........................................3
B.        Prioritas Bersaing……………………………………………………..3
C.        Peran Operasi dalam strategi koorporasi........................................5
D.       Keputusan strategis dalam operasi.................................................
E.        Pemberdayaan Strategi…................................................................
F.          Isu dan trend dalam operasi…………………........................................
BAB III PENUTUP..............................................................................................
1.         Kesimpulan....................................................................................
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................










ii.
BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Di dalam sebuah manajemen keputusan perencanaan stategi merupakan salah satu tanggung jawab dari puncak pimpinan suatu organisasi. Seperti yang di kutip dalam Wikipedia bahwa Perencanaan strategis adalah proses yang dilakukan suatu organisasi untuk menentukan strategi atau arahan, serta mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber dayanya (termasuk modal dan sumber daya manusia) untuk mencapai strategi ini. Berbagai teknik analisis bisnis dapat dgunakan dalam proses ini, termasuk analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), PEST (Political, Economic, Social, Technological), atau STEER (Socio-cultural, Technological, Economic, Ecological, Regulatory).
Perencanaan Strategis ( Strategic Planning ) adalah sebuah alat manajemen yang digunakan untuk mengelola kondisi saat ini untuk melakukan proyeksi kondisi pada masa depan, sehingga rencana strategis adalah sebuah petunjuk yang dapat digunakan organisasi dari kondisi saat ini untuk mereka bekerja menuju 5 sampai 10 tahun ke depan.
Untuk mencapai sebuah strategy yang telah ditetapkan oleh organisasi dalam rangka mempunyai keunggulan kompetitif, maka para pimpinan perusahaan, manajer operasi, haruslah bekerja dalam sebuah sistem yang ada pada proses perencanaan strategis / strategic planning. Lorange (1980), menuliskan, bahwa strategic planning adalah kegiatan yang mencakup serangkaian proses dari inovasi dan mengubah perusahaan, sehingga apabila strategic planning tidak mendukung inovasi dan perubahan, maka itu adalah kegagalan.
Kemampuan manufaktur, harus dipergunakan secara tepat, sehingga dapat menjadi sebuah senjata yang unggul dalam sebuah perencanaan stategi. Untuk mencapai sebuah strategy yang telah ditetapkan oleh organisasi dalam rangka mempunyai keunggulan kompetitif, maka para pimpinan perusahaan, manajer operasi, haruslah bekerja dalam sebuah sistem yang ada pada proses perencanaan strategis. Kemampuan manufaktur, harus dipergunakan secara tepat, sehingga dapat menjadi sebuah senjata yang unggul dalam sebuah perencanaan stategi.


1.
 
B.     Rumusan Masalah

1.      Apa formulasi strategi
2.      Apa pengertian dari keputusan perencanaan stategis
3.      Apa Peran operasi dalam strategi koorporasi
4.      Apa saja keputusan stategi dalam operasi

C.      Tujuan

1.      Mengetahui formulasi strategi
2.      Untuk memahami pegertian dri keputusan perencanaan stategi
3.      Mengetahui peran operasi dalam strategi koorporasi
4.      Mengetahui jenis jenis keputusan dalam operasi

2.         .
BAB II
PEMBAHASAN
A.     Formulasi Strategi
Formulasi strategi merupakan proses penyusunan langkah-langkah ke depan yang dimaksudkan untuk membangun visi dan misi organisasi, menetapkan tujuan strategis dan keuangan perusahaan, serta merancang strategi untuk mencapai tujuan tersebut dalam rangka menyediakan customer value terbaik.
Ada lima tahap dalam membuat formulasi dan mengimplementasikan suatu strategi. Kelima tahap tersebut adalah:
  • Tahap I: Pengumpulan dan Analisis Keterangan Strategis. Adalah tugas para eksekutif organisasi untuk dapat menilai kecenderungan-kecenderungan yang terjasi pada saat ini dan yang akan datang baik dari segi eksternalnya (pasar, persaingan, teknologi, regulasi, dan keadaan ekonomi) maupun segi internalnya (nilai organisasi, keunggulan dan kemampuan, hasil produkdan pasar,dan kebijakan strategis yang lalu)
  • Tahap II: Formulasi Strategi. Tim ini pulalah harus memeriksa beberapa masa depan alternatif dan menyeleksinya serta menciptakan profil atau visi strategis yang berfokuskan pada ke sembilan pertanyaan tersebut. Kekuatan formulasi sangat tergantung pada kekuatan proses yang dilalui atau yang dialami oleh tim dalam membuat keputusan.
  • Tahap III: Perencanaan Proyek Induk Strategis. Dengan menggunakan metode management proyek yang canggih dan benar dimana rencana disusun, dijelaskan, diprioritaskan, ditahap-tahapkan, dijadwalkan, disumberdayakan dan diimplementasikan serta dipantau (diawasi), maka proyek-proyek tersebut dapat dioptimalkan dalam suatu portofolio.
  • Tahap IV: Implementasi Strategi. Tahap ini adalah tahap pelaksanaan (implementasi) yang mana kualitas suatu proyek sangat diharuskan. Untuk itu dibutuhkan suatu sistem komunikasi yang handal, cepat dan akurat yang dimulai dari tingkat rendah (lower management) hingga ke tingkat yang tinggi (top management).
  • Tahap V: Pemantauan, Peninjauan dan Pembaharuan Strategi. Di tahap ini dibutuhkan indikator internal (kemajuan di bidang tujuan dan langkah strategis, kemajuan proyek) maupun indikator eksternal (validitas asumsi dasar yang menjadi penciptaan visi). Umpan balik (feedback) dari berbagai sumber kegiatan baik untuk jangka pendek, menengah maupun panjang harus dioptimalkan secara terus menerus.
B.     Prioritas Bersaing
Salah satu prioritas persaingan adalah berkaitan dengan waktu yang berarti berkaitan pula dengan lead time.  Prioritas persaingan tidak terlepas dari strategi kompetitif perusahaan. Strategi operasi yang berlandaskan pada konsumen menggambarkan tujuan jangka panjang perusahaan. Hal ini juga memerlukan dukungan dan kerja sama bagian operasi dan pemasaran untuk dapat mengikuti keinginan segmen pasarnya dan menerjemahkan keinginan tersebut sesuai kemampuan perusahaan.
3.         
Analisis pasar mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pasar yang dapat dipenuhi perusahaan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif di tiap segmen pasarnya. Memenuhi keinginan pasar kedalam kapabilitas area fungsional perusahaan harus diikuti oleh pengembangan kapabilitas tertentu. Pada bagian ini, Anda akan mempelajari mengenai kapabilitas yang berkaitan dengan produk atau jasa itu sendiri, sistem pengiriman, dan faktor volume. Sebuah perusahaan memperoleh keuntungan dari sistem operasinya dengan mengembangkan satu atau lebih kapabilitasnya. Terdapat delapan kemungkinan prioritas persaingan dalam perusahaan yang terbagi menjadi empat kelompok seperti berikut:
Biaya
1. Operasi biaya rendah
Kualitas
1. Desain dengan performa tinggi

2. Kualitas yang konsisten
Waktu
1. Kecepatan pengiriman

2. Ketepatan pengiriman

3. Mengembangkan kecepatan
 Fleksibilitas
1. Kustomisasi

2. Fleksibilitas volume

1.      Biaya 

Jika sebuah organisasi bersaing pada harga maka adalah penting bahwa itu membuat basis biaya yang lebih rendah dari kompetisi. kemudian  baik akan membuat keuntungan lebih dari saingan, jika harga sama, atau meraih pangsa pasar jika harga lebih rendah. Biaya ini juga penting bagi  strategi penyediaan produk ke ceruk pasar yang pesaing tidak dapat memberikan. Dengan demikian kedekatan biaya (yaitu untuk memastikan  Biaya dekat dengan rata-rata pasar) adalah penting untuk memaksimalkan keuntungan dan mencegah pesaing memasuki pasar.  Kategori utama biaya adalah staf, fasilitas (termasuk overhead) dan bahan dengan lingkup terbesar bagi pengurangan biaya  terletak pada pengurangan biaya bahan. Sebuah proporsi yang relatif kecil dari biaya biasanya ditugaskan untuk tenaga kerja langsung. 

2.      Waktu 

Waktu keterlambatan atau kecepatan operasi dapat diukur sebagai waktu antara permintaan pelanggan untuk produk / jasa  dan kemudian menerima bahwa produk / jasa. Kecepatan merupakan faktor penting bagi pelanggan dalam membuat pilihan tentang apa yang  organisasi untuk menggunakan. Konsep P: rasio D (Shingo, 1989) membandingkan waktu permintaan D (dari permintaan pelanggan untuk  penerimaan barang / jasa) dengan total waktu proses P dari pembelian, membuat dan tahap pengiriman. Jadi dalam make-to- Sistem saham D pada dasarnya adalah waktu pengiriman, tetapi untuk sistem customer-to-order waktu permintaan pelanggan adalah sama dengan  pembelian, membuat dan tahap pengiriman (P).
4.
Dalam hal ini kecepatan proses internal pembelian dan membuat wasiat  langsung mempengaruhi waktu pengiriman yang dialami oleh pelanggan. Dengan demikian keuntungan dari kecepatan adalah bahwa hal itu bisa digunakan  untuk mengurangi jumlah aktivitas spekulatif dan menjaga waktu pengiriman konstan atau untuk jumlah yang sama dari spekulatif  aktivitas dapat mengurangi keseluruhan waktu pengiriman lead. Jadi dalam hal kecepatan yang kompetitif dapat digunakan untuk kedua mengurangi biaya (membuat  perkiraan akurat) dan mengurangi waktu pengiriman (layanan pelanggan yang lebih baik). 

3.      Kualitas 

Kualitas meliputi baik kualitas produk / layanan itu sendiri dan kualitas proses yang memberikan produk / jasa.  Kualitas dapat diukur dengan 'biaya kualitas' model yang biaya dikategorikan sebagai biaya mencapai baik  kualitas (biaya jaminan kualitas) atau biaya produk berkualitas rendah (biaya tidak sesuai dengan spesifikasi).  Keuntungan dari kualitas yang baik terhadap daya saing meliputi peningkatan ketergantungan, mengurangi biaya dan meningkatkan pelanggan  layanan. 

4.      Fleksibilitas 
Ada sejumlah bidang di mana fleksibilitas dapat dibuktikan. Misalnya dapat berarti kemampuan untuk menawarkan  berbagai produk / jasa kepada pelanggan dan untuk dapat mengubah produk-produk / jasa dengan cepat. fleksibilitas adalah diperlukan agar organisasi dapat beradaptasi dengan perubahan kebutuhan pelanggan dalam hal berbagai produk dan berbagai permintaan dan untuk  mengatasi kekurangan kapasitas karena kerusakan peralatan atau kekurangan komponen. Jenis fleksibilitas meliputi produk  fleksibilitas yang adalah kemampuan untuk bisa cepat bertindak dalam menanggapi perubahan kebutuhan pelanggan dengan produk / jasa baru  desain dan fleksibilitas Volume yang adalah kemampuan untuk dapat menurunkan atau meningkatkan output sebagai respon terhadap perubahan  permintaan. Fleksibilitas Volume mungkin diperlukan untuk perubahan musiman dalam permintaan sebagi layanan mungkin harus bereaksi terhadap permintaan  perubahan dari menit ke menit.

C.      Peran operasi dalam strategi koorporasi
Strategi operasi merupakan penjabaran dari strategi bisnis/korporasi .Dengan demikian strategi operasi akan memberikan arah untuk mengambil keputusan hubungan antara strategi bisnis/korporasi dan strategi operasi. Dalam merumuskan suatu strategi operasi dan persoalan strategi bsinis suatu analisis harus dibuat dengan lingkungan eksternal dan internal. Lingkungan eksternal biasanya meliputi persaingan, pelanggan, ekonomi, teknologi dan kondisi sosial. Lingkungan eksternal selain dapat membentuk strategi bisnis dan strategi perusahaan,juga dapat membentuk strategi operasi.
5.       
Hal yang sama, lingkungan internal dapat mempengaruhi strategi operasi melalui ketersediaan sumber daya, keberadaan kultur organisasi, keahlian dan kemampuan tenaga kerja, lokasi dan fasilitas, bentuk system pengendalian dan sebagainya. Suatu analisis lingkungan internal biasanya mengarah pada  pengidentifikasian kekuatan dan kelemahan operasi yang ada. Strategi operasi mencoba mengatasi kelemahan dan mengembangkan kekuatan yang ada.
Berikut ini adalah elemen-elemen yang menjadi dasar dalam strategi operasi perusahaan.
1.      Misi operasi yang merupakan elemen pertama dari empat elemen strategi operasi mendefinisikan manfaat fungsi operasi dalam hubungannya dengan strategi bisnis dan strategi operasi. Sasaran operasi adalah harga, kualitas, pengiriman dan fleksibilitas. Misi operasi harus menentukan prioritas dari sasaran operasi. Misi operasi seringkali merupakan pernyataan ulang dari strategi bisnis dalam pengertian operasi dan diturunkan langsung dari strategi bisnis.
2.      Keunggulan khusus operasi adalah operasi harusunggul secara relative untuk bersaing. Keunggulan khusus ini harus sesuai dengan misi operasi. Sebagai contoh, jika misi menghendaki agar operasi unggul pada pengenalan produk baru, maka operasi harus mengembangkankeunggulan khusus pada bidang ini. Keunggulan khusus mengarah pada keunggulan bersaing, hingga inti strategi operasi. Pada umumnya bisnis yang berhasil dapat menentukan suatu keunggulan khusus dan mereka bekerja keras untuk melindungi keunggulan itu.
3.      Elemen ketiga dari strategi operasi adalah sasaran. Sasaran dalam operasi harus dinyatakan dalam bentuk kuantitatif yang spesifik dan dalam bentuk yang dapat diukur. Sasaran ini diharapkan dapat dicapai dalam jangka waktu yang singkat maupun jangka waktu yang panjang. Sasaran sebaiknya ditetapkan sebagai suatu perbaikan misi secara kuantitatif dan terukur.
4.      Kebijakan operasi menerangkan bagaiamana sasaran operasi akan dicapai. Kebijakan operasi harus dikembangkan untuk setiap kategori keputusan :
a.       Proses                                c. Persediaan
b.      Kapasitas                           d. Kualitas



6.
Taktik harus mengikuti perkembangan strategi. Keputusan taktik pada umumnya dibagi dalam kerangka waktu yang singkat (1 atau 2 tahun) dan dikembangkan untuk menerapkan strategi operasi. Keputusan taktik dibuat oleh manajemen tingkat menengah dan manajemen tingkat bawah untk melaksanakan strategi yang telah ditetapkan oleh manajemen yang lebih tinggi. Hasil biasanya diukur pada keadaan yang sama dengan sasaran dan digunakan untuk menentukan apakah suatu strategi dan taktik terlaksana. Pengukuran hasil erat hubungannya dengan putaran dan umpan balik yang tersedia dari manfaat strategi terpilih.

D.     Keputusan strategi dalam operasi
Keputusan adalah suatu reaksi terhadap beberapa solusi alternatif yang dilakukan secara sadar dengan cara menganalisa kemungkinan - kemungkinan dari alternatif tersebut bersama konsekuensinya.Setiap keputusan akan membuat pilihan terakhir, dapat berupa tindakan atau opini. Itu semua bermula ketika kita perlu untuk melakukan sesuatu tetapi tidak tahu apa yang harus dilakukan.
            Keputusan strategik merupakan salah satu tanggung jawab utama pucuk pimpinan organisasi. Organisasi memerlukan wahana untuk merealisasikan misi dan visinya, dan wahana itu adalah disain organiasi. Kekeliruan di dalam mendisain organisasi akan membawa organisasi ke tempat lain selain tujuan yang telah ditetapkan dan disepakati. Textbook strategic management mengajarkan bahwa disain organisasi seharusnya mendukung usaha organisasi merealisasikan cita-cita yang telah dituangkan dalam misi dan visi yang selanjutnya dirinci dalam rencana strategik (Strategic Plan), rencana taktis (Tactical Plan) dan rencana operasional (Operational Plan). Secara berurutan, semakin ke arah rencana operasional, rencana yang dibuat semakin rinci hingga penentuan apa yang seharusnya dikerjakan oleh seorang individu di dalam organisasi.
            Untuk itu keputusan dapat dirasakan rasional atau irrasional dan dapat berdasarkan asumsi kuat atau asumsi lemah.Keputusan-keputusan strategik akan diambil oleh pimpinan puncak berdasarkan suatu analisa strategis yang bertolak dari kesadaran, kecerdasan dan akal untuk mengubah keadaan sesuai dengan perubahan faktor eksternal dan internal.
            Untuk menggerakkan perubahan itu, maka kepemimpinan harus memiliki keterampilan yang berkaitan dengan hal-hal mengintreprestasikan hasil analisa SWOT  kedalam tingkat-tingkat interpensi dalam melaksanakan arah perubahan dimasa depan yang meliputi 1) arah yang mempengaruhi organisasi dan sistem secara menyeluruh seperti pengembangan visi dan misi, tujuan, sasaran dan strategi ; 2) yang mempengaruhi SBU (strategik bisnis unit) seperti pembentukan bisnis unit, reposisi binis unit; 3) yang mempengaruhi peringkat unit fungsional.

1. TAHAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN
1.      Tahap Masukan
            Tahap ini pada dasarnya tidak hanya sekedar kegiatan pengumpulan data, tetapi juga merupakan suatu kegiatan pengklasifikasian dan pra-analisis. Pada tahap ini data dapat dibedakan menjadi dua, yaitu data eksternal dan data internal. Data eksternal dapat diperoleh dari lingkungan di luar perusahaan, seperti analisis pasar,analisis kompetitor, analisis komunitas, analisis pemasok, analisis pemerintah,analisis kelompok kepentingan tertentu. Sedangkan data internal dapat diperoleh di dalam perusahaan itu sendiri, seperti laporan keuangan (neraca, Laba-rugi, cash-flow, struktur pendanaan), laporan kegiatan sumber daya manusia (jumlah karyawan, pendidikan, keahlian, pengalaman, gaji, turn-over), laporan kegiatan operasional, laporan kegiatan pemasaran.Dalam evaluasi faktor strategis yang digunakan pada tahap ini adalah model Matrik Faktor strategisEksternal dan Matrik Faktor Strategi Internal
2.      Tahap Analisis
Setelah mengumpulkan semua informasi yang berpengaruh terhadap             kelangsungan perusahaan, tahap selanjutnya adalah memanfaatkan semua informasi tersebut dalam model-model kuantitatif perumusan strategi. Dalam hal ini digunakan     model matrik TOWS atau matrik SWOT dan matrik internal-eksternal.
·             Matrik TOWS atau SWOT
Analisis SWOT adalah indentifikasi berbagai faktor secara sistematika untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strengths) dan peluang (Opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats). Proses pengambilan keputusan strategis selalu berkaitan dengan pengembangan misi, tujuan, strategi,dan kebijakan perusahaan. Dengan demikian perencana strategi (strategic planner) harus menganalisis faktor-faktor strategis perusahaan (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) dalam kondisi yang ada saat ini. Hal ini disebut dengan Analisis Situasi. Model yang paling populer untuk analisis situasi adalah Analisa SWOT.Matrik ini dapat menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi perusahaan dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya.
·         Matrik Internal-Eksternal (IE)
Parameter yang digunakan dalam matrik internal-eksternal ini meliputi parameter kekuatan internal perusahaan dan pengaruh eksternal yang dihadapi. Tujuan penggunaan model ini adalah untuk memperoleh strategi bisnis di tingkat korporat yang lebih detail.
  1. Tahap Pengambilan Keputusan
Setelah tahapan-tahapan terdahulu dibuat dan dianalisa, maka tahap selanjutnya       disusunlah daftar prioritas yang harus di-implementasikan. Quantitative Strategic    Planning Matrix (QSPM ) merupakan teknik yang secara obyektif dapat menetapkan             strategi alternatif yang diprioritaskan. Sebagai suatu teknik, QSPM memerlukan good intuitive judgement.

  

KESIMPULAN

1.      Formulasi strategi merupakan proses penyusunan langkah-langkah ke depan yang dimaksudkan untuk membangun visi dan misi organisasi, menetapkan tujuan strategis dan keuangan perusahaan, serta merancang strategi untuk mencapai tujuan tersebut dalam rangka menyediakan customer value terbaik.
2.      Prioritas persaingan tidak terlepas dari strategi kompetitif perusahaan. Strategi operasi yang berlandaskan pada konsumen menggambarkan tujuan jangka panjang perusahaan. Operasi harus fokus pada kemampuan spesifik yang memberikan keunggulan kompetitif yang dapat disebut prioritas kompetitif (Persaingan). Empat operasi prioritas atau tindakan kemampuan ini dapat disebut biaya, waktu, kualitas dan fleksibilitas.




DAFTAR PUSTAKA

https://belajarmanagement.wordpress.com/2010/01/12/5-tahap-dalam-formulasi-dan-implementasi-strategi/
https://manajement.info/2012/05/19/lead-time/
http://heheoye-heheoye.blogspot.co.id/2011/12/strategi-operasi.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Perencanaan_strategis
http://zweetscorpioluv.blogspot.co.id/2010/06/keputusan-strategik.html

You May Also Like

0 comments

Komentar terakhir

Sponsor

Instagram

https://www.instagram.com/dianaoctvn/?hl=en