MAKALAH
KEPUTUSAN
PERENCANAAN STRATEGI
![]() |
|||||
![]() |
![]() |
||||
Tugas Kelompok
Nama :
Rosdiana
Octaviani (19214810)
Rahmita Putri (
Alfanitiah
Pratiwi (10214791)
Luvita Septin (
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR............................................................................................i
DAFTAR
ISI........................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN.......................................................................................1
A. Latar
Belakang............................................................................1
B. Rumusan
Masalah......................................................................2
C. Tujuan
........................................................................................2
BAB II
PEMBAHASAN........................................................................................3
A.
Formulasi
strategi………………………………….........................................3
B.
Prioritas
Bersaing……………………………………………………..3
C.
Peran Operasi dalam
strategi koorporasi........................................5
D.
Keputusan strategis dalam
operasi.................................................
E.
Pemberdayaan
Strategi…................................................................
F.
Isu dan trend dalam
operasi…………………........................................
BAB III PENUTUP..............................................................................................
1.
Kesimpulan....................................................................................
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................
ii.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Di dalam
sebuah manajemen keputusan perencanaan stategi merupakan salah satu tanggung
jawab dari puncak pimpinan suatu organisasi. Seperti yang di kutip dalam Wikipedia bahwa Perencanaan
strategis adalah proses yang dilakukan suatu organisasi untuk menentukan strategi atau arahan, serta mengambil
keputusan untuk mengalokasikan sumber dayanya (termasuk modal dan sumber daya manusia) untuk mencapai strategi
ini. Berbagai teknik analisis bisnis dapat
dgunakan dalam proses ini, termasuk analisis SWOT (Strengths, Weaknesses,
Opportunities, Threats), PEST (Political, Economic, Social,
Technological), atau STEER (Socio-cultural, Technological, Economic,
Ecological, Regulatory).
Perencanaan
Strategis ( Strategic Planning ) adalah sebuah alat manajemen yang
digunakan untuk mengelola kondisi saat ini untuk melakukan proyeksi kondisi
pada masa depan, sehingga rencana strategis adalah sebuah petunjuk yang dapat
digunakan organisasi dari kondisi saat ini untuk mereka bekerja menuju 5 sampai
10 tahun ke depan.
Untuk
mencapai sebuah strategy yang telah ditetapkan oleh organisasi dalam rangka
mempunyai keunggulan kompetitif, maka para pimpinan perusahaan, manajer
operasi, haruslah bekerja dalam sebuah sistem yang ada pada proses perencanaan
strategis / strategic planning.
Lorange (1980), menuliskan, bahwa strategic planning adalah kegiatan
yang mencakup serangkaian proses dari inovasi dan mengubah perusahaan, sehingga
apabila strategic planning tidak mendukung inovasi dan perubahan, maka itu
adalah kegagalan.
Kemampuan
manufaktur, harus dipergunakan secara tepat, sehingga dapat menjadi sebuah
senjata yang unggul dalam sebuah perencanaan stategi. Untuk mencapai sebuah strategy yang
telah ditetapkan oleh organisasi dalam rangka mempunyai keunggulan kompetitif,
maka para pimpinan perusahaan, manajer operasi, haruslah bekerja dalam sebuah
sistem yang ada pada proses perencanaan strategis. Kemampuan manufaktur, harus
dipergunakan secara tepat, sehingga dapat menjadi sebuah senjata yang unggul
dalam sebuah perencanaan stategi.
1.